Waktu dan teknik yang tepat untuk memaster lovebird supaya bisa ngekek panjang


Lovebird  mempunyai daya tarik tersendiri bagi masing-masing penghobi burung ocehan yang tentu saja mempunyai sudut pandang yang berbeda. Janganlah dikatakan mengeksploitasi hewan. Tetapi karena semakin majunya dunia hobi burung, menjadikan Lovebird kini menjadi produk komersil yang menguntungkan. 

Ketertarikan kicaumania tidak hanya karena tingkah lakunya yang menggemaskan, tetapi juga karena kemudahan untuk diternakkan, faktor kecantikan bulu, dan tentu saja suara ngekeknya yang mempunyai nilai jual tinggi.
Lovebird yang terlihat secara nyata oleh peserta dari luar pagar menunjukkan kemampuan di lapangan bisa bertahan ngekek  panjang dan volume suaranya keras selama lebih dari 30 detik tanpa jeda, dipastikan mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Suara ngekek yang panjang dan rajin bunyi sambil menggoyang-goyangkan ekornya biasanya lebih mendapatkan perhatian juri untuk bisa masuk kedalam nominasi juara.
Bagaimana caranya bisa menampilkan Lovebird yang bisa Ngekek sesuai dengan standar penilaian Juri? Inilah yang menjadi Pekerjaan Rumah bagi Lovebird mania. Tentu saja hasil prosesnya untuk mendapatkan hasil tersebut ada banyak jalannya. Tentu saja tanpa meninggalkan Faktor Genetika Keturunan dan Faktor lingkungan pembinaan saat Lovebird masih berusia dini.
Itulah alasannya mengapa banyak orang mengatakan bahwa memaster burung Love Bird harus dimulai sejak umur 3 bulan, bahkan kalau bisa harus kurang. Sebab pada umur tersebutlah anakan Love Bird ini baru keluar dari gelodok. Di samping itu, burung Love Bird pada usia itu adalah masa emas yang memberikan kesempatan pada Anda untuk memberikan masteran sesui yang Anda inginkan.

Apa saja suara masteran yang harus diberikan?
Pertama-tema tentu harus suara Love Bird asli yang ngekeknya panjang. Hal ini disebabkan karena pada saat lomba, burung Love Bird tidak dituntut untuk bisa menirukan suara burung lain namun penilaian juri lebih menitikberatkan pada durasi kekek dan durasi kerja. Karenanya, memberikan masteran suara burung Love Bird asli adalah sebuah keharusan dan paling utama karena ini merupakan lagu dasar bagi seekor Love Bird muda untuk bisa berprestasi.

Suara apa lagi yang cocok untuk masteran Love Bird?
Anda bisa mencari bebeapa suara burung lain yang mempunyai kedekatan dari sisi karakter dengan suara Love Bird. Anda bisa memasukkan suara belalang kecek, Cililin, Tengkek Buto, dan lain sebagainya. Suara-suara tersebut dibawakan dengan cara nembak, satu karakter dengan suara Love Bird yang nembak model ngekek.

Kapan waktu yang tepat untuk memaster Love Bird?
Memaster Love Bird tidak boleh dilakukan nonstop 24 jam karena ini bisa membuat burung merasa tidak nyaman dan akhirnya terganggu. Akibatnya, burung akan cenderung tidak akan menirukannya sehingga pemasteran yang Anda lakukan akan menjadi sia-sia. Adapun waktu yang paling baik melakukan pemasteran ialah sehabis dimandikan pada pagi hari atau setelah dijemur pada siang hari. Selain itu, Anda bisa menambah pemasteran pada sore hari menjelang malam. Masing-masing durasi pemasteran tidak lebih dari 3 jam.

Apakah efektif pemasteran menggunakan Mp3?
Tidak menjadi masalah sebab sepanjang suara Love Bird masteran yang Anda pakai bersih dan sangat mirip dengan suara Love Bird asli, itu sangat bagus. Namun pastikan, format Mp3 Anda tidak boleh monoton. Karenanya, editlah terlebih dahulu menggunakan software untuk memberikan jeda untuk beberapa menit. Jeda di sini bertujuan menghindari dan meminimalisir terjadinya gangguan pada burung Love Bird muda.

Selama pemasteran apakah Love Bird muda harus dikerodong?
Tergantung. Jika Anda memaster Love Bird muda ini pada saat jam istirahat seperti jam-jam siang, sebaiknya burung dikerodong. Biarkan Love Bird muda menyimak suara Love Bird sambil istirahat sebab ini memberikan hasil yang lebih baik karena burung bisa menyimak masteran lebih seksama.

Lalu bagaimana perawatannya?
Untuk perawatan Love Bird muda muda yang sedang menjalani tahapan pemasteran, sebaiknya dirawat seperti biasa. Penjemuran, mandi, pemberikan EF, dan rawatan lainnya terus dilanjutkan sebab tidak ada hal yang harus dirubah. Jika Anda menjemurnya setiap hari hanya 2 jam dan mandi setiap hari, hal ini tetap harus dilanjutkan. Begitu juga dengan pemberian jagung muda, kankung, dan jenis EF lainnya harus diberikan secara konsiten dan variatif sebab burung Love Bird muda sangat membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhannya.

Demikian cara memaster burung Love Bird supaya bisa mempunyai suara ngekek yang panjang. Pemasteran di sini mempunyai peran yang sangat penting dan karenanya harus dilakukan jika Anda ingin mendapatkan burung Love Bird yang mempunyai kekek panjang sebagaimana Anda inginkan. 

semoga bermanfaat
disunting dari tipsburung.com

0 Response to "Waktu dan teknik yang tepat untuk memaster lovebird supaya bisa ngekek panjang"

Posting Komentar