6 Tahun Kacer ini beruntun selalu ditangga juara . Simak tips rawatan dan setting lombanya


Tampil terbaik di Kelas Kacer Soeharto dilanjutkan Di Kelas Kacer Kemusuk, menjadikan Kacer Adipati yang pernah menyandang predikat sebagai ‘Kacer termahal Indonesia’ masih tangguh memberikan perlawanan kepada lawan-lawannya. 

Tak heran aksinya di tengah gantangan membuat Kacer yang lainnya ketakutan ketika mendengar Adipati memamerkan suaranya.“Dalam kondisi sehat, Adipati maunya bertarung terus setiap minggunya dan kita berani turun di EO manapun. Soal menang kalah, itu biasalah. Karena tidak selamanya Adipati tampil prima memenangkan seluruh kelas, dan kadang harus menerima kekalahan saat ada jago yang lebih baik.

Mr Deko sang pemilikpun hingga kini selalu bersikap bijak. Biarlah burung yang beraksi, pemilik dan perawat hanya bisa merawat dan menyiapkan burung agar mau nampil lebih baik. Terlepas dari itu, bagaimanapun juga  adipati merupakan salah satu burung yang paling di segani dan cukup diperhitungkan kacer Mania, khususnya di Jawa dan Kalimantan, berbagai gelar prestise lintas event organizer sudah pernah ia koleksi mulai dari Presiden Cup, Kicau Mnia Cup 8 Surabaya, Ronggolawe Award, Piala Raja, Valentine Day hingga Piala Pakualam.

Perawatan Kacer Adipati

Tangan dingin merawat Adipati sampai saat ini masih dipercayakannya ke Om.Bintoro. ”Senin masuk umbaran, cukup Jangkrik 10 ekor, pagi 5 dan sore 5 ekor, sementara mandi, jemur langsung diumbaran. Biasanya Adipati mandi 2 kali sehari, pagi dan sore, terkadang kalau cuaca panas ia mandi malam diumbaran, ”ungkapnya sambil tersenyum.
Melatih Kacer Adipati didalam kandang umbaran, selain untuk menguatkan otot-otot sayap, mengantisipasi sifat ‘mbagong’ yang muncul akibat over birahi juga memperpanjang nafasnya agar mampu tampil percaya diri bertempur dihadapan lawan-lawnannya.
Karena termasuk Kacer yang aktif dan agresif, tentu saja menghabiskan tenaga extra besar. Selain extra fooding yang rutin dan teratur. Menjelang lomba, tak hanya 2 sendok kroto segar yang sudah bersih. Vitamin Ebod Vit 2 tetes yang dituangkan ke dalam wadah air minumnya dipercaya bisa menjaga stamina Adipati tetap bugar menjelang lomba.
Ketika tiba dilapangan, memang tak mudah dan perlu blusukan mencari ‘Markas Adipati’. Dikarenakan itu menjadi strategi dari Mr.Deko untuk ‘mengkarantina’ Adipati serta menjaga agar suasana tetap tenang dan tidak ada suara kacer lain, sehingga energinya terjaga sampai saat tiba waktunya digantangkan.
Aksi Video Kacer Adipati dilomba


semoga menginspirasi
disunting dari mediaronggolawe.com

0 Response to "6 Tahun Kacer ini beruntun selalu ditangga juara . Simak tips rawatan dan setting lombanya"

Posting Komentar