Dipoles dengan cara ini Kenari yang dibeli dalam keadaan rusak dan macet bunyi sekarang langganan juara.



Kenari Oppa dibeli ketika masih berumur 9 bulan. Di tangan pemilik lama, Oppa sering meraih gelar juara bahkan kerap double winner. Saat melihat aksi Oppa, Om Aap langsung kepincut. Penawaran pun disampaikannya ke pemilik lama, tetapi tidak dilepas.

Oppa kemudian mabung untuk pertama kalinya, dan baru selesai akhir tahun 2015. Saat itu burung macet bunyi, serta over birahi. Prestasinya pun mulai surut. Saat itulah Om Aap menawarnya kembali, dan ternyata pemilik lama bersedia melepasnya.
Burung ini diperolehnya dalam kondisi rusak dan over birahi. Namun melalui perawatan intensif selama satu bulan, kenari Oppa mulai rajin ditampilkan dalam even latber. Kini Oppa menjelma menjadi langganan juara di Sumatera Selatan.
Om Aap menyukai Oppa, karena merupakan kenari ring Papburi. Itu sebabnya, kendati dibeli tatkala macet bunyi dan over birahi, dia berani meminang Oppa karena yakin bisa dipoles kembali.
Setelah dibeli, Oppa dirawat intensif selama 1 bulan. Untuk mengurangi birahinya, Oppa dibawa ke arena latber. Sejak itu kondisinya mulai berubah. Oppa mulai kembali aktif bunyi dan bisa masuk tiga besar, meski kondisinya masih over birahi.
Awal Desember 2016, Oppa benar-benar terbebas dari over birahi. Durasi kicauannya makin panjang (1 menit lebih) dan gaya ngawetnya mulai keluar. Tepat pada 1 Januari 2017, Oppa sukses mencetak double winner dalam even Happy New Years di Lahat.

Perawatan harian dan settingan lomba kenari Oppa

1. Perawatan harian (Senin-Rabu)
  • Setiap pagi, mulai pukul 07.00, burung dijemur selama 15-30 menit.
  • Pakan tambahan berupa sayuran segar (sawi, oyong, mentimun) yang diberikan secara bergantian setiap hari.
  • Air minum wajib diganti setiap hari.
  • Burung mandi sendiri dalam cepuk.
  • Malam dan siang hari, sangkarnya tidak dikerodong.
  • Sangkar kenari Oppa model kotak nomor 1 (panjang 47 cm, lebar 40 cm, tinggi 65 cm).
2. Settingan lomba (Kamis-Sabtu)
  • Mulai H-3 (Kamis), burung diembunkan selama 1 jam, mulai pukuk 05.00.
  • Burung masih ditaruh dalam sangkar kotak nomor 1.
  • Malam hari mulai diterapkan full kerodong.
  • Pada Hari-H (Minggu), kenari dipindah ke sangkar ukir khusus lomba. Burung diberi pakan rahasia berupa ramuan herbal yang direbus (salah satu bahannya adalah daun mengkudu).
Beberapa pemain sempat mengajukan penawaran terhadap kenari Oppa. Tapi karena maharnya tak sesuai dengan prestasinya, Om Aap menampiknya secara halus.
salah satu aksi kenari Oppa

semoga bermanfaat
disunting dari omkicau.com

0 Response to "Dipoles dengan cara ini Kenari yang dibeli dalam keadaan rusak dan macet bunyi sekarang langganan juara. "

Posting Komentar