Menjaga Kestabilan Murai Batu Jelang Lomba Dengan Racikan Pakan Dan Settingan Ini


Merawat burung kicauan dalam cuaca ekstrim hujan lebat dan panas seperti sekarang bukanlah soal mudah. Apalagi seperti murai batu yang rawan serak suaranya akibat cuaca yang kurang mendukung. Untuk menjaga kestabilan gaco-gaconya agar tetap stabil Roman dari CIAS punya cara tersendir

Kunci sukses burung bisa koncer adalah menjaga kestabilannya sebelum hingga menjelang lomba. Berikut tips ringan dari Roman Cias yang sukses menghantarkan gaconya Boy dan Putra Marike di tangga juara kelas murai batu. Inilah rahasianya


“Cuaca seperti ini masalah setingan bisa dicari sambil jalan tapi soal menjaga kondisi gaco akan kestabilan kicauannya itu beda lagi ceritanya,” ucap pria tinggi berkulit sawo matang ini.
Menurut Roman, menjaga kondisi gaco murainya seperti Boy dan Putra Marike tidaklah sulit. Faktor utamanya berasal dari pakan yang bersih dan bernutrisi. Salah satunya yakni selalu memberikan kunyit, jahe dan daun mengkudu untuk makanan jangkrik.



“Konsumsi gaco harus diperhatikan, jika cuma membeli jangkrik biasa kemudian langsung diberikan ke gaco maka kondisi burung juga biasa saja. Tapi kalau jangkrik diberi makanan bernutrisi dulu maka burung yang memakan jangkrik tersebut pasti juga ikut menyerap nutrisinya,” jelasnya.
Selain pakan, Roman juga menghimbau untuk proses penjemuran. Menurutnya penjemuran cukup 15 menit karena melihat kondisi cuaca ekstim yang silih berganti. Untuk proses umbaran, Roman melakukannya  4 hari kemudian dilanjut dengan istirahat total selama seminggu.

“Saya melakukan semua prosesnya pada setiap gaco murai batu. Dan Alhamdulillah semua murai saya masih stabil untuk mengukir prestasi baik di kontes rutin maupun even,” tutup Roman.


semoga bermanfaat

disunting dari www.burungnews.com

0 Response to "Menjaga Kestabilan Murai Batu Jelang Lomba Dengan Racikan Pakan Dan Settingan Ini"

Posting Komentar