Mau lomba siang atau malam tetap saja LB ini bisa ngedur 3 menitan. simak rawatan hariannya


Punya love bird hebat tentu bisa jadi kebanggaan tersendiri. Seperti Suster andalan Fernando dari Gresik. Gaco ini sudah mengoleksi puluhan prestasi papan atas di berbagai arena lomba nasional maupun regional. 

Sederet prestasi yang dibanggakan Fernando adalah saat tampil di even Bupati Cup Bojonegoro, Maimun Cup Tuban, Giri Prasta di Badung-Bali dan yang terbaru masih dapat bertengger di tangga prestasi di Sien Rony Cup Malang.
Ketika top form, Suster bisa ngekek hingga 3 menit up. "Itu durasi saat tampil di lapangan loh, waktu lomba, bukannya ngekek di rumah. Namun yang paling sering keluar adalah durasi 1 menit up," bebernya.
Dimainkan di gantangan siang ataupun malam, aksinya tetap maksimal. Di lapangan, durasinya bisa tembus 3 menit up. Bagaimana perawatannya?


Tentu saja, bisa membuatnya top form dan rajin ngekek di lapangan adalah tantangan yang wajib ditemukan. Kalau tidak, bisa jadi raja rumahan. Ngekek kenceng cuma di rumah saja, ketika dibawa ke lapang malah bengong.
Ternyata, setingan yang pas untuk gaco yang masih berumur 1,5 tahun dan berjenis kelamin betina ini tidak terlalu ribet. 
  • Tanpa umbaran atau tenggaran, 
  • Ttanpa ekstrafooding, baik kangkung, jagung, biji matahari atau yang lain. 
  • Pakan harian sampai hari H menjelang lomba full milet putih kiloan, 
  • Minumnya air putih. 

Di awal-awal, saat coba-coba perawatan yang pas, Suster pernah dikasih pakan tambahan, ternyata malah nakal, tidak mau ngekek di lapangan. "Ketemunya cuma pakai milet putih saja," tegas Pendiri R 257 BC yang beranggotakan Fernando, Farichin, Othonk, Arry dan Jepri.
Untuk perlakuan harian, setiap pagi wajib diembunkan, mulai Subuh. Pagi hari mandi basah pakai semprot dan dijemur sebentar saja terus diangin-anginkan. Setelah kering baru dikerodong. "Itu saja perawatan rutin Suster setiap hari hingga turun lomba," tambah Fernando yang juga punya gaco andalan Nana, Kimcil dan Damar.

semoga menginspirasi
disunting dari www.burungnews.com


0 Response to "Mau lomba siang atau malam tetap saja LB ini bisa ngedur 3 menitan. simak rawatan hariannya"

Posting Komentar